Huawei P9 Telat Masuk di Indonesia, Begini Kronologisnya

PhoneSeluler.com – Kamis 8 Desember 2016 bertempat di Jakarta, Huawei melakukan peluncuran resmi produk terbarunya, yakni Huawei P9. Namun, sejumlah kalangan menilai peluncuran tersebut terlambat. Sebab butuh 8 bulan lamanya untuk bisa melenggang di pasaran gadget tanah air. Banyak pihak bertanya-tanya; kenapa Huawei P9 telat masuk di Indonesia?

Henry Hsu, selaku COC Consumer Business Group Huawei Technologies Asia  Pasifice memberikan penjelasan, “Faktor utamanya karena transfer teknology ke Indonesia. Sebab, Huawei P9 terbuat dari logan tipis. Kami hari melakukan transfer teknology setelahnya baru cek kualiti kontrol.” ujarnya sebagaimana dikutip dari Kompas Tekno (11/12/2016)

Huawei P9 telat Masuk di Indonesia

Selain faktor transfer teknologi, karena Huawei P9 dirakit di Indonesia, tepatnya Surabaya. Dua hal tersebut dijadikan Henry Hsu sebagai alasan utama sebab Delay yang cukup lama. Namun, pada Desember ini Huawei P9 sudah resmi beredar di Indonesia dan sudah mengantongi izin Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Lebih lanjut Henry menambahkan, jika pabrik di Surabaya siap, besar kemungkinan ponsel besutan Huawei akan lebih cepat beredar di pasaran Indonesia. Sebab, selama ini selain terkendala pada TKDN, juga pada pabrikan yang masih di luar negeri. Mari kita lanjutkan berita tentang alasan mengapa Huawei P9 Telat Masuk di Indonesia.

Maka dari itu proses menjadi lama. TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri adalah standar yang dibuat pemerintah Indonesia untuk ponsel dengan jaringan 4G. Bahkan karena sulitnya TKDN tersebut banyak ponsel yang tidak bisa masuk tanah air.

Xiaomi beberapa waktu lalu juga membatalkan salah satu produknya karena tidak memenuhi TKDN. Bukan hanya Xiaomi, namun beberapa merek lain juga sempat membatalkan juga. Sebagai solusinya, banyak produsen ponsel cerdas membuka pabrik di Indonesia atau menggandeng perusahaan lokal untuk bekerja sama.

Spesifikasi Huawei P9

Huawei P9 Telat Masuk di Indonesia

Huawei P9 dibuat di Surabaya. Hasil kerjasama antara pihak Huawei dengan PT. Panggung Electric. Bahkan Henry Hsu menambahkan, pihaknya berhasil memproduksi ponsel 4G sebanyak 1 juta.  Huawei P9 dijual dengan harga 7 jutaan. Seperti apa spesfikasinya?

Huawei P9 dibekali dengan prosesor Octa Core Kirim 955, terdiri dai 4 Core Cortex – A72 2,5GHZ dan 4 Core Cortex-A53 1,8GHZ. Prosesor tersebut diduetkan dengan RAM 3GB dan memori internal 23GB serta fitur keamanan berupa pemindai sidik jari.

Fitur unggulannya adalah kamera ganda, Leica. Leica adalah sebuah developer dibidang teknologi kamera yang bermarkas di Jerman. Huawei p9 memiliki dual kamera sebesar 12 mega pixel.

Dual kamera tersebut memiliki dua fungsi berbeda. Satu untuk mengambil gambar berwarna secara utuh, seperti kamera umumnya. Sedangkan yang keda untuk menangkap hasi gambar hitam putih. Flaghsip ini dijual dengan harga 7 jutaan.

Melihat spesifikasinya, harga 7 juta sangat wajar. Karena selain memakai konsep bodi logam murni, juga teknologi teranyar, yaitu dual kamera dengan spesifikasi berbeda. Tentunya, aktifitas foto menjadi semakin menarik. Anda tertarik untuk memilikinya? Jangan sampai kekecewaan Anda berlebihan karena Huawei P9 Telat Masuk di Indonesia sehingga Anda tidak jadi membelinya.